Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA Bandung

Anda Berada di  : Home Informasi Publik Berita Kami DIRJEN PAS PIMPIN SIDAK KE LAPAS NARKOTIKA JAKARTA
DIRJEN PAS PIMPIN SIDAK KE LAPAS NARKOTIKA JAKARTA

Jakarta, INFO_PAS. Satgas Kamtib  Ditjen Pemasyarakatan, Kamis (26/7) melakukan sidak ke Lapas Narkotika Jakarta. Dengan kekuatan 25 orang anggota, Satgas ini menggeledah blok C dan blok A Lapas Narkotika Jakarta.

Dipimpin langsung Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sihabudin,  penggeledahan berlangung sekitar 3 jam, dimulai pukul 22.00 sampai dengan 01.00 dini hari dan berhasil menemukan 8 buah ponsel, 22 simcard (kartu telepon),  uang sebanyak Rp. 27.902.000, serta barang lain yang dianggap membahayakan dan dapat mengganggu keamanan Lapas.

Direktur Bina Kamtib Wibowo Joko Harjono, Kakanwil DKI Jakarta Irsyad Butaman dan Kadiv PAS Kanwil DKI Jakarta  Mirza, juga turut serta dalam penggeledahan ini.

Sebelum satgas bergerak, Direktur Kamtib Wibowo Joko memberikan pengarahan kepada anggota Satgas. Dalam arahannya, Joko mengatakan bahwa penggeledahan ini bertujuan untuk mencari barang-barang yang terkait dengan peredaran dan penyalahgunaan  narkoba di lapas  seperti ponsel, laptop serta alat-alat komunikasi lainnya, alat bantu penggunaan narkoba seperti jarum suntik, alat hisap (bong) dan berbagai jenis narkoba. Joko juga berpesan agar penggeledahan dilakukan dengan cermat dan teliti, namun tetap tidak mengabaikan atau merendahkan harkat dan derajat narapidana.

Sementara itu, Dirjen Pemasyarakatan mengatakan bahwa kegiatan sidak ini merupakan kegiatan rutin Satgas Kamtib Ditjen Pemasyarakatan yang dikenal dengan Security Task Force (STF). Kegiatan ini juga merupakan upaya perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas dan wujud komitmen Ditjen Pemasyarakatan untuk tidak pernah membiarkan narkoba beredar di dalam Lapas.

"Hasil temuan penggeledahan ini, selanjutnya diserahkan kepada Kalapas untuk dimusnahkan. Sedangkan, temuan berupa HP dan kartu telepon diserahkan kepada pihak BNN untuk membantu BNN dalam mendeteksi komunikasi peredaran gelap narkoba, untuk temuan berupa uang akan disimpan dalam Register D",ujar Sihabudin.

Kalapas Narkotika Jakarta Turman Hutapea, mengatakan sangat terbantu dengan adanya penggeledahan yang dilakukan oleh Satgas Ditjen Pemasyarakatan tersebut. 

Kalapas Turman juga mengatakan bahwa pihak pengamanan Lapas telah melakukan operasi simpatik beberapa waktu lalu dengan aksi persuasif. Operasi ini berupaya mengajak narapidana untuk bersama-sama menjaga dan taat kepada kebijakan Pemasyarakatan. Utamanya, kebijakan untuk tidak menyimpan atau menggunakan ponsel di dalam lapas, dan dengan sukarela menyerahkan ponsel miliknya ke pihak Lapas.

“Operasi simpatik yang dilakukan beberapa waktu yang lalu berhasil mengumpulkan 231 ponsel yang diserahkan secara sukarela oleh narapidana. “Sangat disayangkan masih ada saja narapidana yg diam-diam menyimpan ponsel di kamar”, kata Turman. “Kami akan menjatuhkan hukuman disiplin kepada narapidana yang kedapatan menyimpan ponsel,”tambahnya. (YS)

 
Lapas Wanita Klas IIA Bandung

Support and Contact Us

Support and Contact Ussupport : support@lapaswanitabandung.com
admin : admin@lapaswanitabandung.com

SDP (Sistem Database Pemasyarakatan)

SDPSDP merupakan aplikasi resmi dalam membangun Database Nasional Pemasyarakatan